Beranda | Artikel
Berbuat Baik dan Memaafkan Manusia - Bagian ke-2 - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 20 Agustus 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Berbuat Baik dan Memaafkan Manusia (Bagian ke-2)

Memaafkan orang lain bukanlah perkara yang mudah, orang-orang yang bisa memaafkan hanyalah orang-orang yang mempunyai jiwa yang besar. Karena manusia mempunyai sifaf ego dan sifat ingin membalas dendam. Maka dari itu, orang-orang yang bisa memaafkan kesalahan saudaranya merupakan orang-orang yang diberikan kebesaran jiwa dan kekuatan hati. Allah Ta’ala menganjurkan kita untuk menjadi orang yang pemaaf. Allah Ta’ala berfirman:

وَإِن تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS At-Taghaabun [64]: 14)

Allah Ta’ala berfirman:

وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS Ali ‘Imran [64]: 134)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Berbuat Baik dan Memaafkan Manusia (Bagian ke-2)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/7871-berbuat-baik-dan-memaafkan-manusia-bagian-ke-2-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/